Minggu, 13 Januari 2013

Cara Menentukan Koordinat dengan Google Maps


Sebagai tugas dari Sistem Informasi Geografis, berikut adalah pemaparan cara menentukan koordinat suatu lokasi. Kali ini, yang digunakan adalah mencari lokasi tempat tinggal masing-masing.

Saat ini, saya bertempat tinggal di sebuah wisma di Jl. Margonda Raya, Depok.
Langkah-langkah yang saya lakukan untuk mencari koordinat tempat tinggal saya yang sekarang adalah:

Mengetik alamat di search bar.
Kali ini, alamat saya yang spesifik tidak dikenali oleh google. Saya menyiasatinya dengan meng-googletempat terkenal terdekat: Depok Town Square.


Akhirnya google dapat menemukan Depok Town Square. Langkah selanjutnya adalah, mengganti tampilan dari map menjadi satelit. Cukup click "satellite" di pojok kanan atas.


Ya. Tampilan sudah berubah menjadi gambar nyata dari satelit. Saatnya memperbesar peta untuk tahu letak lokasi tempat tinggal.


Sekarang, anda bisa melihat Depok Town Square. Lokasi tempat tinggal saya, tidak jauh dari mall ini. Jadi yang saya lakukan adalah mengklik gambar kemudian men-drag ke arah kanan supaya saya bisa melihat gambar lebih banyak di bagian kiri.
Aha! Itu kosan saya. Tempat berbentuk huruf O itu adalah kos-kosan tempat saya tinggal di depok.


Sekarang, hal terakhir yang perlu anda lakukan adalah mengklik kiri rumah tersebut & memilih menu: "what's here?"


Tunggu sebentar hingga latitude dan longitude anda muncul di bar seperti gambar di atas. :)

Selamat mencoba!

Sumber : http://beingsmartinafunway.blogspot.com/2012/03/cara-mencari-koordinat-dengan-google.html
Comments
0 Comments

0 komentar:

Blogger Template by Clairvo