Kamis, 14 Juli 2011

Pengenalan Komputer

I.         Acara I    : Pengenalan Komputer
II.      Tanggal   : 30 Juni 2011
III.   Tujuan
a.       Untuk mengenal perangkat-perangkat dan komponen-komponen dasar pada komputer.
b.      Untuk mengetahui fungsi beberapa perangkat yang ada pada sebuah komputer.
IV.   Tinjauan Pustaka
Komputer dapat diartikan sebagai mesin penghitung elektronik yang cepat, dapat menerima informasi input digital, memproses sesuai program yang tersimpan di memori dan menghasilkan output berupa informasi. Komputer juga dapat diartikan sebagai sebuah alat yang mengolah data perhitungan dengan skala besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logika.
Ada 3 elemen penting pada sebuah komputer, yaitu hardware (perangkat keras),  software (perangkat lunak), dan brainware (perangkat pemikir).
Perangkat keras adalah semua peralatan yang berwujud fisik, seperti monitor, harddisk, keyboard, CPU, dll.
Central Processing Unit (CPU) merupakan perangkat yang didalamnya berisi prosesor dan memori computer yang bertugas mengolah data. Prosesor sering disebut CPU, yaitu bertugas mengatur berbagai peralatan/device dan melakukan perhitungan atau pun pengolahan data. CPU terdiri atas satu atau lebih chip prosesor yang disusun dalam papan sirkuit utama (motherboard). Contoh prosesor, diantaranya : Intel Pentium I/II/IV, AMD Athlon dan Duron, Cyrix, Motorola, dll.
Memori dibagi menjadi 2, Random Access Memory (RAM) dan Read Only Memory (ROM). RAM berfungsi menyimpan program yang diolah untuk sementara- sehingga isinya bisa berubah-ubah, ROM merupakan memori yang hanya bisa menyimpan saja, berguna untuk memberi informasi saat pertama kompuetr dihidupkan (booting). Unit memori terkecil adalah byte, yg merupakan besar memori utk menyimpan satu karakter.
Storage device (media Simpan) adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menyimpan semua data yang sedang tidak digunakan CPU, seperti : hard disk, flopy disk, CD-ROM, DVD ROM, flash memori.
Input device merupakan media masukan yang menerima data dan instruksi dari pengguna atau komputer/sensor lain, misalnya : mouse, keyboard, joystick, pena elektronik pada layar sentuh, scanner, sensor panas, mikrofon, dll.
Output device merupakan media keluaran yang mengembalikan/menampilkan data yang telah diproses kepada pengguna, komputer, atau sistem lain. Misalnya : layar, printer, plotter, speaker, dsb.
Peripheral device adalah perangkat tambahan untuk meningkatkan kinerja dan fungsi komputer, dipasang pada motherboard, terutama bagian untuk peralatan tambahan (expansion slot). Contoh : modem (menterjemahkan informasi melalui saluran telepon), network (LAN) card (memungkinkan komunikasi/hubungan kompuetr dengan komputer lain). dll.
Perangkat Lunak (software) adalah progam berisi perintah/instruksi yang dimengerti oleh komputer. Melalui software dapat diperintahkan pengolahan angka, tulisan, gambar, suara, dsb. Data yang dimasukkan ke komputer berupa data digital, artinya data yang direpresentasikan dalam bentuk bilangan biner (terdiri atas nilai 0 dan 1). Software dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis, yaitu : Sistem Operasi (DOS, Unix, Windows, Novell), Software Utility (Norton Utility, Scandisk, PCTools), Software Aplikasi (GL, Payroll, SPSS), Program Paket (MS Word, MS Excel, Lotus, Autocad), Bahasa Pemrograman (Pascal, Fortran, Basic, Dbase), dll.
Perangkat pemikir (brainware) adalah orang yang merancang, membuat, dan mengoperasikan komputer.

V.      Hasil Pengamatan
a.      Perangkat Keras (Hardware)
CPU
Salah satu perangkat komputer yang berisi berbagai komponen komputer yang bertugas memproses data.
Memori
Perangkat komputer yang berfungsi menyimpan data dan pemasok data untuk dijalankan oleh komputer.
Monitor
Perangkat komputer berupa output device yang berfungsi untuk menampilkan informasi dan intruksi-intruksi yang diperintahkan oleh prosesor.
Mouse
Perangkat keras komputer berupa input device yang berfungsi untuk menggerakkan pointer dan kursor pada proses pengolahan data.
Printer
Atau pencetak adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas.



b.      Perangkat Lunak (Software)
Adobe Photoshop : Program yang membantu penguna komputer untuk mengedit sebuah gambar seperti foto, animasi, dan semacamnya.
Google Chrome : Salah satu browser yang digunakan oleh para netter untuk berselancar di dunia maya dan mencari informasi.
Microsoft Office Word : Salah satu program pengolah kata yang mempunyai banyak fitur dan mendukung pengguna untuk membuat sebuah tulisan.
 
Picasa 3 : Software buatan google yang mempunyai fitur untuk menampilkan foto dan video pengguna komputer dengan fasilitas kualitas yang bagus.
c.       Perangkat Pemikir (Brainware)
Brainware : orang yang mengoperasikan, membuat dan merancang sebuah komputer.
VI.   Pembahasan
Komputer merupakan sebuah alat yang sudah sangat sering dikenal oleh banyak kalangan, dari anak muda hingga orang tua. Komputer memiliki memiliki beberapa komponen penting yaitu diantaranya adalah perangkat keras, perangkat lunak, dan perangkat pemikir.
Perangkat keras atau biasa disebut dengan hardware adalah sebuah perangkat komputer yang berwujud fisik, dapat disentuh dan nyata secara kasat mata. Sebagai contoh yang ada di laboratorium komputer adalah CPU, monitor, mouse, harddisk, dan lain-lain. Semua perangkat tersebut berupa alat fisik yang membentuk sebuah komputer menjadi sebuah satu kesatuan.
CPU atau Central Processing Unit merupakan bagian terpenting dalam sebuah sistem komputer, dapat dikatakan bahwa CPU merupakan otak dari komputer itu sendiri. Sebuah komputer paling canggih sekalipun tidak akan berarti tanpa adanya CPU yang terpasang di dalamnya. Dalam kesehariannya CPU memiliki tugas utama untuk mengolah data berdasarkan instruksi yang ia peroleh. CPU sendiri sebenarnya masih terbagi atas beberapa komponen yang saling bekerja sama untuk membentuk suatu unit pengolahan. Terdapat empat komponen utama penyusun CPU, yaitu : Arithmetic and Logic Unit (ALU), Control Unit, Registers, dan CPU Interconnections.
Monitor merupakan piranti yang termasuk dalam piranti softcopy. Berdasarkan teknologi pembuatannya, monitor terbagi menjadi CRT (cathode ray tube) dan layar datar (flat panel display). Layar datar sendiri dibedakan menjadi tiga, yaitu LCD, EL, dan plasma. Monitor merupakan contoh perangkat output pada komputer yang berfungsi menampilkan informasi dan grafis yang diperintahkan oleh input-input data melalui software atau perangkat keras lainnya, seperti mouse, keyboard, dll.
Perangkat lunak atau software adalah perangkat komputer yang hanya berupa intruksi dan perintah-perintah yang ada pada sebuah komputer. Perangkat ini tidak berwujud fisik, sehingga tidak dapat disentuh ataupun dilihat secara nyata.
Sebenarnya ada banyak software yang ada di sebuah komputer, salah satu yang sering digunakan untuk membantu pekerjaan kantor adalah program paket office. Program paket office sudah mencakup Ms. Word, Ms. Power Point, Ms. Access, Ms. Excel, dll. Selain itu ada juga program editor foto seperti corel draw, adobe photoshop, corel draw, paint, dll. Dan masih banyak lainnya software-software yang bermanfaat bagi pengguna untuk mempermudah pekerjaan.
Software pengolah kata seperti Ms. Word sangat berguna bagi pengguna dala menyelesaikan sebuah pekerjaannya, seperti pengetikan, pembuatan laporan, pembuatan buku, pembuatan surat, dan masih banyak lagi lainnya.
Selain program pengolah kata, ada juga Ms. Excel yang membantu pengguna untuk menganalisis sebuah data, entah itu berupa data statistik atau semacamnya, yang jelas software ini mempermudah pengguna dalam proses perhitungan dan analisis data. Misalnya saja pada sebuah kebun tebu, kita ingin mengetahui statistik tahunan perkembangan rendemen tebu atau luas lahan tebu di Indonesia. Semua itu dapat dianalisis dengan adanya fasilitas-fasilitas berupa formula dan fitur-fitur pendukung lainnya.
Software selanjutnya adalah Ms. Power Point, yaitu sebuah software yang memudahkan kita dalam membuat sebuah presentasi. Pengguna dapat menayangkan animasi slide-slide untuk memperjelas presentasinya. Karena dengan demikian, pengguna tidak perlu repot harus menuliskan materi-materi yang akan dipresentasikan ke dalam sebuah papan tulis atau semacamnya.
Setelah membahas banyak tentang Ms. Office, ada juga software grafis yaitu corel draw dan adobe photoshop. Corel draw umumnya digunakan untuk membuat spanduk dan poster-poster yang berukuran besar. Sedangkan adobe photoshop, kebanyakna pengguna menggunakannya untuk mengedit sebuah foto dan memberikan efek-efek pada sebuah foto sehingga dapat terjadinya sebuah tipuan sederhana.
Perangkat pemikir atau sering juga disebut brainware adalah orang yang merancang, membuat, dan mengoperasikan komputer. Seperti halnya penulis, maka penulis juga dapat dikatakan sebagai sebuah brainware karena telah mengoperasikan komputer untuk keperluan pembuatan laporan. Contoh lainnya adalah orang yang mempunyai pekerjaan sebagai perakit komputer atau pembuat komputer, maka orang tersebut juga dikatakan sebagai brainware karena telah ikut terlibat dalam merancang maupun membuat komputer.


VII.Kesimpulan
Berdasarkan data hasil pengamatan dan pembahasan di depan, maka dapat disimpulkan bahwa :
a.       Komputer memiliki 3 elemen pokok yang sangat berpengaruh pada kinerja komputer, yaitu hardware, software, dan brainware.
b.      Hardware adalah perangkat keras yang berupa fisik, jadi perangkat ini nyata dan dapat disentuh.
c.       Contoh dari hardware adalah CPU, Monitor, dan Mouse.
d.      Mouse merupakan perangkat yang berkerja sebagai input data yang memberikan perintah yang nantinya akan diproses oleh CPU dan hasilnya akan keluar pada monitor yang berkerja sebagai output device.
e.       Software adalah perangkat lunak komputer yang berisi intruksi dan perintah-perintah yang dihasilkan oleh pekerjaan hardware.
f.       Program paket office membantu pengguna dalam pekerjaan kantor dan pekerjaan pengolahan data atau semacamnya.
g.      Brainware adalah perangkat pemikir yang merancang, membuat, ataupun mengoperasikan komputer.

Daftar Pustaka
Akib, Faisal.2011.Perangkat Output Monitor. teknik-informatika.com diambil pada 13 Juli 2011

Anonim.2003.Kolaborasi Program Microsoft Office – Mengolah Data Lebih Profesional.Madcoms : Madiun.

Hadi, Rahadian.2005.Otomatisasi Microsoft Word 2003 dengan VB/VBA + CD.PT Elex Media Komputindo : Jakarta
Comments
0 Comments

0 komentar:

Blogger Template by Clairvo